smkbisahebat01

smkbisahebat02

alt

alt

 

Galeri SMKN 3

 



 

KEGIATAN

Turnamen Bola Voli di SMK Negeri 3 Bondowoso

11

Dalam rangka memperingati Dies Natalis SMK Negeri 3 Bondowoso yang ke-15 dan membangkitkan gairah bola voli, puluhan tim bola voli siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama se Kabupaten Bondowoso mengikuti gelaran Open Turnamen Bola Voli SMKN 3 Bondowoso Cup 2019.

12 2

13

Perlombaan yang diselenggarakan di SMKN 3 Bondowoso mulai hari ini Senin, 14 Januari 2019 dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Bondowoso, Drs.Mahrus Syamsul, MMPd dengan didampingi Bapak Kepala Sekolah SMKN 3 Bondowoso, Dr. Umar Said, M.Pd.

14

Dengan digelarnya turnamen ini diharapkan mampu membangkitkan peminat masyarakat bidang olah raga bola voli. Sehingga peminat masyarakat tidak tertuju pada sepak bola saja.

Dalam sambutannya Doktor Umar Said menyampaikan harapannya, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat ditemukan bibit pemain bola voli yang bagus dan kelak dapat menjadi pemain bola voli andalan di Kabupaten Bondowoso.

#SMKN3BONDOWOSO_LUARBIASA#

 

SMK NEGERI 3 BONDOWOSO MENGHANTARKAN 355 PESERTA DIDIK BELAJAR DI DUNIA USAHA dan INDUSTRI

1Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah kegiatan wajib bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). PKL merupakan kegiatan belajar dengan objek dan tempat langsung di Dunia Usaha / Dunia Industri. Dalam Kurikulum 2013 

(rev 2017) pelaksanaan PKL dijalani oleh peserta didik selama 120 hari / 24 minggu / 6 bulan.

Proses Pembelajaran di dunia kerja (DUDI) disebut dengan Praktik kerja lapangan (PKL) untuk
penerapan, pemantapan, dan peningkatan kompetensi. Pelaksanaan PKL melibatkan praktisi
ahli yang berpengalaman di bidangnya.

2

Hari ini Kamis, 13 Desember 2018, SMK Negeri 3 Bondowoso melaksanakan Pelepasan Peserta Didik kelas XI menuju Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Dalam sambutannya, Dr. Umar Said, M.Pd selaku Kepala Sekola SMK negeri 3 Bondowoso mengatakan bahwa tujuan PKL adalah memberikan pengalaman kerja langsung (real) untuk menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.

3

Drs. Mahrus Syamsul, MMPd, Kepala Cabang Pendidikan Prov. Jawa Timur Wliayah Kabupaten Bondoeoso dalam sambutannya mengatakan bahwa PKL ini merupakan salah satu jalan bagi sekolah untuk menanamkan
etos kerja yang tinggi pada peserta didik.

Penanaman etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja menghadapi tuntutan pasar kerja global, salah satunya adalah dengan menanamkan sikap relegius pada anak; sholat tepat waktu mengajarkan kedisiplinan pada anak.

Disamping itu memenuhui hal-hal yang belum dipenuhi di sekolah agar mencapai keutuhan standar kompetensi lulusan juga merupakan tujuan PKL.
tujuan PKL yang lain adalah mengaktualisasikan penyelenggaraan Model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Institusi Pasangan (DUDI), memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di SMK dan program latihan di dunia kerja (DUDI).

4

Tidak dpungkiri bahwa PKL memiliki manfaat, antara lain;
- Mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang telah diperoleh di sekolah.
- Menambah wawasan dunia kerja, iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu       proses dan hasil kerja.
-Menambah dan meningkatkan kompetensi serta dapat menamkan etos kerja yang tinggi.
- Memiliki kemampuan produktif sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari ditempat PKL.
- Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bimbingan/ arahan pembimbing di dunia industri.

PKL Juga memberikan manfaat positif bagi sekolah, antara lain terjalinnya hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan du/di kerja (perusahaan),
meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja selama PKL, mengembangkan program sekolah melalui sinkronisasi kurikulum, proses pembelajaran, teaching factory, dan pengembangan sarana dan prasarana praktik berdasarkan hasil pengamatan di tempat PKL, meningkatkan kualitas lulusan

Manfaat PKL bagi Dunia Kerja (DU/DI), antara lain:
- Du/Di lebih dikenal oleh masyarakat sekolah sehingga dapat membantu promosi produk.
- Adanya masukan yang positif dan konstruktif dari SMK untuk perkembangan DUDI.
- Dunia kerja/DUDI dapat mengembangkan proses produk melalui optimalisasi peserta PKL.
- Mendapatkan calon tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhannya.
- Meningkatkan citra positif DU/DI sebagai bentuk implementasi dari Inpres No 9 tahun 2016

Pemantapan Kompetensi Pembelajaran di SMK belum memenuhi standar indusri, dilihat dari ketersediaan jenis dan jumlah peralatan, kompetensi pengajar, kondisi dan situasi belajar, dan situasi melayani konsumen secara langsung.

Semoga sepulang dari kegiatan belajar di luar sekolah, PKL, putra dan putri SMK Negeri 3 Bondowoso membawa dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat sebagai bekal kehidupan mereka di masa yang akan datang.

#SMKN3BONDOWOSO_LUARBIASA#

   

ARAK ANCAK AGUNG MAULID NABI MUHAMMAD SAW di SMK NEGERI 3 BONDOWOSO

Dalam menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, beberapa daerah di Indonesia menggelar tradisi unik. Tradisi unik ini salah satunya "Arak Ancak Agung."

 DSC0078

Kamis, 6 Desember 2018 SMK Negeri 3 Bondowoso menyelenggarakan sebuah perhelatan meriah dalam merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yaitu Arak Ancak Agung. Kegiatan ini mengusung Tema "Menrladani Sifat-Sifat Nabi Muhammad SAW Sebagai Bentuk Kecintaan Untuk Mewujudkan Generasi Milenial yang Bertasbih". Perhelatan ini dibuka dan dihadiri oleh Sekda Kabupaten Bondowoso, Bapak Agung Trihandono. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa tradisi ini merupakan tradisi yang memiliki nilai positif, merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter, STM yang dulu dikenal sebagai sekolah dominasi putra dengan karakter siswa yang 'aktif' kini telah berubah image menjadi sekolah yang religius.

Dr. Umar Said, M.Pd. selaku Kepala SMK Negeri 3 Bondowoso dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan perwujudan dari visi dan misi SMKN 3 Bondowoso BERTASBIH, "Bertaqwa Berkualitas Berinovasi Beristiqomah" kegiatan ini memiliki manfaat religius dan melestarikan budaya leluhur.

 DSC0147

Arak Ancak Agung ini merupakan sebuah tradisi, bagian dari budaya masyarakat Jawa khususnya. Sebenarnya di dalam agama Islam sendiri tidak diajarkan, hanya merupakan sebuah animo masyarakat dalam merayakan kelahiran kanjeng Nabi besar Muhammad SAW.

 DSC0153

Hampir di setiap daerah di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah masih memegang dan menjalankan tradisi ini. Tradisional Islamic Society.
Sebagian besar masyarakat
misalnya, di daerah Surakarta dan Yogyakarta memeriahkan kelahiran kanjeng Nabi dengan pasar malam atau biasa disebut Sekaten.

Sekaten merupakan rangkaian kegiatan tahunan ini berlangsung selama 40 hari, dimulai pada awal bulan Safar. Namun, untuk perayaan secara resmi akan berlangsung pada tanggal 5 dan berakhir pada tanggal 12 Rabiul Awal.
Pada perayaan resmi itu ada sejumlah prosesi penting, di antaranya dimainkannya gamelan pusaka di halaman Masjid Agung masing-masing keraton, pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad, dan rangkaian pengajian di serambi Masjid Agung.
Puncaknya, ada Grebeg Muludan sebagai bentuk syukur pihak istana dengan keluarnya sejumlah gunungan untuk diperebutkan oleh masyarakat.

Gunungan atau yang lebih dikenal Ancak Agung ini merupakan tradisi budaya yang hingga detik ini masih dilestarikan oleh sebagian besar masyarakat Jawa.

Di Kabupaten Bondowoso tak kalah meriah, belasan Ancak Agung dibuat dengan kreativitas luar biasa oleh Siswa/Siswi, Dewan Guru, dan Staf Administrasi Tata Kelola SMK Negeri 3 Bondowoso. Ancak Agung ini kemudian diarak dan dilombakan. Kreativitas luar biasa disuguhkan keluarga besar SMK Technou Entrepreneur ini. Semangat dan perjuangan membuat ancak agung seindah dan semenarik mungkin merupakan penghargaan yang luar biasa.

 DSC0215

 DSC0259

 DSC0327

Ancak Agung dibuat oleh masing masing jurusan, dengan 1 gunungan beranggotakan 3 kelas. Ancak Agung ini kemudian diarak, dilombakan, dan diperebutkan oleh siswa dan guru.

Dalam perlombaan Ancak Agung yang unik dan menarik ini ada 3 kelompok yaitu:
1.Juara 1 kelompok TSM 2
2.Juara 2 kelompok TKR 2
3.Juara 3 kelompok DPIB 1

   

HALAL BIHALAL SMK NEGERI 3 BONDOWOSO

HALAL BIHALAL  SMK NEGERI 3 BONDOWOSO "KEBERSAMAAN DENGAN HATI YANG FITRAH"

Acara halal bihalal sesungguhnya adalah kegiatan silaturahim yang merupakan perkara muamalah (sosial) yang mengatur hubungan antar pribadi manusia, meskipun pelaksanaannya dikaitkan dengan hari raya idul fitri. Halal bihalal mengandung banyak hikmah didalamnya sehingga mempunyai nilai kebaikan bila dilaksanakannya.

Dalam acara halal bihalal itu dilaksanakan beberapa kegiatan yang mempunyai nilai hikmah antara lain saling bermaaf-maafan, bersilaturahmi dan ceramah agama.

Bertempat di Aula TKR SMK NEGERI 3
BONDOWOSO, Senin 2 Juli 2018 Keluarga Besar SMKN 3 Bondowodo menyelenggarakan acara Halal Bihalal.
Kegiatan Halbi ini mengusung tema "Kebersamaan dengan Hati yang Fitrah".
Semoga dengan kegiatan ini semangat silaturahim dan keakraban antara rekan sejawat dan keluarga dapat terjalin dengan harmonis.

#SMKN3BONDOWOSO_LUARBIASA#

1

Foto Smkn 3 Bondowoso Techno Entrepreneur.

Foto Smkn 3 Bondowoso Techno Entrepreneur.

Foto Smkn 3 Bondowoso Techno Entrepreneur.

   

PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA/SISWI KELAS XII TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMKN 3 BONDOWOSO

SMKN 3 Bondowoso memiliki cara sendiri dalam merayakan kelulusan putra/putrinya. Melalui acara sujud syukur, sungkeman, dan basuh kaki orang tua, keluarga besar SMKN 3 Bondowoso meluapkan rasa bahagia, karena telah berhasil menghantarkan 291 siswa kelas XII untuk memasuki dunia kerja atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

1

2

3

4

5

910

 

SMKN 3 Bondowoso ingin mengekspresikan rasa bahagia dengan cara yang lebih anggun, khidmat, dan penuh muatan religi.
Sujud syukur, sungkeman dan membasuh kaki orang tua merupakan bentuk ekspresi rasa bahagia dengan mewujudkan rasa terima kasih seorang putra/putri atas keberhasilan yang mereka peroleh.
Basuh kaki merupakan metode pendidikan tradisional yang berguna membentuk karakter anak, dan memperkuat ikatan batin antara orang tua dan anak.

SMKN 3 BONDOWOSO GO...GO..GO

Seluruh keluarga besar SMKN 3 Bondowoso memgucapkan Selamatatas kesuksesan dan kelulusan 291 siswa/siswi SMKN 3 Bondowoso.

#SMKN3BONDOWOSO_BISA#
#SMKN3BONDOWOSO_HEBAT#
#SMKN3BONDOWOSO_LUARBIASA#

   

PESTA PERPISAHAN PESERTA DIDIK KELAS XII DI SMKN 3 BONDOWOSO

Tidak ada pertemuan yang tak terpisahkan… bisa bersamamu selama ini adalah sebuah anugerah yang terindah karena bersamamu kita telah mengukir kesan yang indah tiada tara yang tak akan lupa hingga akhir masa.

1

2

3

4

11

9

Pesta Perpisahan yang bertema "TechnoEntrepreneur is Our Soul" di SMKN 3 Bondowoso berjalan lancar dan sukses.
Acara yang dikemas dalam BERISIK 7, pagelaran seni kreatif ini, berjalan dengan baik.
Pesta ini sangat sederhana dan dikemas dalam bentuk colouring. Semua peserta didik dan guru merasakan suasana yang mengharu biru.

Acara ini merupakan persembahan seluruh keluarga besar SMKN 3 Bondowoso kepada seluruh peserta didik kelas XII. Acara ini diawali dengan beberapa sambutan,antara lain dari Kepala SMKN 3 Bondowoso, Bapak Dr. Umar Said, M.Pd. dan Bapak Pengawas Sekolah Bapak Drs. Abdul Rasyid, serta Perwakilan Komite Sekolah Bapak Abdul Muni.
Giat ini makin siang makin bertambah seru, diramaikan oleh Band SMKN 3 Bondowoso, Seni Kreatif SMKN 3 Bondowoso dan mendatangkan beberapa bintang tamu, diantaranya adalah grup reage Bondowoso. Peserta didik sangat antusias menikmati alunan musik ini.

BRAVO SMKN 3 BONDOWOSO

#SMKN3BONDOWOSO_BISA#
#SMKN3BONDOWOSO_HEBAT#
#SMKN3BONDOWOSO_LUARBIASA#

   

halaman 1 of 2