smkbisahebat01

smkbisahebat02

alt

alt

 

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_counterHari ini36
mod_vvisit_counterKemarin88
mod_vvisit_counterMinggu ini36
mod_vvisit_counterMinggu lalu911
mod_vvisit_counterBulan ini1728
mod_vvisit_counterBulan lalu2931
mod_vvisit_counterSeluruhnya31417

Galeri SMKN 3

 



 

Sociopreneur MENGGALI POTENSI DIRI MENGEMBANGKAN JIWA MANDIRI DAN RASA EMPATI MELALUI SOCIOPRENEURS

Sociopreneur

MENGGALI POTENSI DIRI MENGEMBANGKAN JIWA MANDIRI DAN RASA EMPATI MELALUI SOCIOPRENEURSHIP
(Bersama SMK Negeri 3 Bondowoso)

1

Meringankan beban dan menghapus kesedihan yang dirasakan orang lain merupakan bagian dari kewajiban kita sebagai sesama manusia yang menghamba pada sang Rabb terkasih. Dalam ajaran Islam dikatakan bahwa tidak lengkap iman seseorang jika tidak mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri.

2

Dalam sebuah hadist diriwayatkan

عَنْ أَبِيْ حَمْزَةَ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ خَادِمِ
رَسُوْل الله عَنْ النَّبِي قَالَ : لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik, khadim (pembantu) Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, Beliau berkata, “Tidaklah seseorang dari kalian sempurna imannya, sampai ia mencintai untuk saudaranya sesuatu yang ia cintai untuk dirinya”.

2

Berjiwa sosial, menanamkan rasa empati dan kebersamaan sudah diajarkan Rasulullah berabad-abad yang lalu. Sociopreneur merupakan bagian dari ajaran Islam.

3

Entitas sociopreneur adalah irisan antara entitas entrepreneur (usaha bisnis murni) dan lembaga sosial seperti yayasan. Jika entrepeneur hanya berorientasi pada profit dan sebaliknya yayasan hanya berfokus pada mengelola dan mengalokasikan dana untuk kegiatan sosial (tanpa mengusahakan sumbernya dari mana), maka sociopreneur adalah peralihan antara keduanya. Sociopreneur mengusung misi sosial, dengan tidak melupakan bagaimana dana yang diperlukan untuk kegiatan itu dapat terkumpul.

Sociopreneur secara sederhana dapat dikatakan sebagai bentuk ideal kegiatan sosial. Mengapa ideal? Karena dengan konsep sociopreneur, Masyarakat kelas bawah yang disasar akan menjadi mandiri dan tak bergantung dengan donasi satu arah seperti yang terjadi pada lembaga sosial selama ini.

Pemerhati facebook SMK Negeri 3 Bondowoso Techno Entrepreneur, tentu masih ingat dengan kisah sedih ananda Rahmat, rumahnya luluh lantak akibat angin kencang di musim penghujan. Hunian sederhana yang dibangun untuk Ananda Rahmat dari para dermawan yang dimuliakan Allah kini telah berdiri indah. Senin, 18 Februari 2019, telah dilakukakan serah terima kunci dari SMK Negeri 3 Bondowoso kepada Ibunda Ananda Rahmat.

4

Program kegiatan yang berbasis sociopreneur ini akan terus berkembang di SMK Negeri 3 Bondowoso. Program yang selanjutnya akan dilaksanakan SMK Negeri 3 Bondowoso adalah pembuatan plengsengan sungai di Kampung Templek yang sampai detik ini masih terus berjalan. Kegiatan ini merupakan amanah dari Bapak Dr.Umar Said, M.Pd. selaku Kepala SMKN 3 Bondowoso, kegiatan ini digawangi oleh Ibu Afida selaku pembina KIR, Bapak Sujianto, M.Pd. selaku waka Sarpras dan pengelola Takola, dan Bapak Agus Sucipto selaku penasihat project.

Semoga kegiatan Sociopreneurship yang dikembangkan di SMK Negeri 3 Bondowoso dan merupakan bagian dari upaya peningkatan pendidikan karakter ini dapat menuai manfaat bagi seluruh warga SMKN 3 Bondowoso dan masyarakat luas.

SMK Negeri 3 Bondowoso
Jayalah terus dan berkembang dengan gebrakan sosial dan inovasi baru.

-Tim Publikasi SMKN 3 Bondowoso -